Cara Mudah Membuat Laporan Arus Kas

Posted Diposting oleh xclmedia sbg  Laporan Keuangan
May
28

laporan arus kasSebelum kita mempraktekkan cara membuat laporan Arus kas di Excel, sedikit tentang apa itu laporan arus kas. Laporan arus kas atau disebut juga cash flow adalah sebuah laporan keuangan yang menggambarkan pengaruh kas (arus kas masuk dan arus kas keluar) yang berasal dari kegiatan transaksi operasional, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan atau pendanaan, serta menggambarkan adanya kenaikan atau penurunan bersih kas dalam suatu periode tertentu.

Arus kas yang berasal dari kegiatan transaksi operasional adalah kegiatan yang terkait dengan memproduksi dan menyerahkan (menjual) barang, menyediakan jasa, serta transaksi lainnya yang diperhitungkan dalam penentuan laba.

Arus kas yang berasal dari kegiatan transaksi invetasi adalah kegiatan membeli atau menjual kembali investasi pada surat berharga jangka panjang dan aktiva tetap. Jika perusahaan membeli investasi atau aktiva tetap, maka akan mengakibatkan adanya arus kas keluar dari perusahaan. Sedangkan jika perusahaan menjual investas atau aktiva tetap, maka akan mengakibatkan adanya arus kas masuk ke perusahaan.

Arus kas yang berasal dari kegiatan transaksi pendanaan atau keuangan adalah kegiatan menarik uang dari kreditor jangka panjang dan dari pemilik serta pengembalian uang kepada mereka.

aplikasi akuntansi excelAPLIKASI AKUNTANSI EXCEL sebuah program olah data akuntansi yang dikembangkan melalui Excel. Anda tidak perlu merancang lagi, cukup melalui pengaturan Anda sudah dapat menggunakan aplikasi secara penuh. Output laporan keuangan yang dihasilkan, Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, serta dilengkapi validitas kode, rekonsiliasi kas dan bank, penyusutan aktiva tetap otomatis dan lain-lain.

Penyajian laporan arus kas ada 2 (dua) metode yang bisa digunakan, yakni arus kas metode langsung dan arus kas metode tidak langsung.

1. Metode Langsung

Arus kas dengan metode langsung lebih mudah untuk dimengerti, arus kas dari kegiatan operasional dirinci menjadi arus kas masuk dan arus kas keluar, arus kas masuk dan keluar dirinci lebih lanjut dalam beberapa jenis penerimaan atau pengeluaran kas.

2. Metode Tidak Langsung

Sedangkan arus kas dengan metode tidak langsung, arus kas dari opersional ditentukan dengan cara mengoreksi laba bersih yang dilaporkan dengan beberapa hal seperti biaya penyusutan, kenaikan harta lancar dan hutang lancar serta laba/rugi karena pelepasan investasi.

Dalam praktek ini, kita hanya membuat laporan arus kas menggunakan metode tidak langsung, karena metode ini cukup rumit membuatnya sehingga perlu kita uraikan trik-triknya. Ketika membuat laporan arus kas dengan metode ini, permasalahan yang sering muncul adalah menyelisihkan berbagai unsur dalam laporan arus kas agar menghasilkan nilai kas akhir yang sama dengan saldo kas akhir di Neraca. Kalau belum sama, berarti nilai-nilai yang ada dalam laporan arus masih ada yang salah. Oleh karena itu, di sini saya akan jelaskan dengan suatu pendekatan, sehingga akan lebih mudah membuatnya. Ketika membuat laporan arus kas, kebanyakan orang langsung menuangkan ke dalam format laporan arus kas, sehingga akan sulit mencocokkan nilai akhirnya. Dengan suatu pendekatan, sebelum menuangkan ke dalam format laporan arus kas, terlebih dulu menentukan nilai-nilainya pada tabel perhitungan tersendiri. Ketika nilai-nilainya sudah mencocoki, baru dimasukkan ke dalam format laporan arus kas.

Untuk membuat laporan arus kas tak langsung, kita membutuhkan data 2 periode laporan keuangan. Misal kita ingin membuat laporan arus kas untuk periode tahun 2013, maka kita membutuhkan data laporan keuangan berupa Neraca awal tahun 2013 (31 Desember 2012) dan Neraca akhir tahun 2013 (31 Desember 2013).

Berdasarkan data 2 periode laporan keuangan tersebut, selanjutnya akan kita selisihkan pos-posnya, yakni pos-pos pada neraca. Nilai selisih pos-pos tersebut dianggap sebagai perubahan kenaikan atau penurunan terhadap pos-pos yang ada dalam laporan keuangan.

general ledger excelGENERAL LEDGER EXCEL sebuah program olah data akuntansi yang dikembangkan melalui Excel. Dengan sistem akuntansi yang sederhana melalui Jurnal Umum dapat menghasilkan informasi laporan keuangan standar berupa Neraca dan Laba-Rugi. Kelebihan aplikasi pada sistem Buku Besar dan Buku Besar Pembantu sesuai standar, yang dapat memberikan informasi secara rinci.

Sebagai contoh, berikut contoh laporan keuangan perusahaan untuk 2 (dua) periode sekaligus 2013 dan 2012.

laporan_arus_kas_01

Untuk membuat laporan arus kas tahun 2013, dari data laporan keuangan diatas, kita memerlukan Neraca 31-Des-2012 (Neraca awal 2013) dan Neraca 31-Des-2013 (Neraca akhir 2013).

Selanjutnya kita selisihkan pos-pos Neraca kedua periode tersebut. Adapun cara menyelisihkannya adalah sebagai berikut :

  • Pos-pos Aktiva : Neraca akhir (31-Des-2012) – Neraca awal (31-Des-2013)
  • Pos-pos Pasiva : Neraca awal (31-Des-2013) – Neraca akhir (31-Des-2012)

laporan_arus_kas_02

Keterangan :

Pada kolom selisih, nilai-nilai tersebut didapatkan sebagai berikut :

Kas dan Setara Kas, diambilkan dari nilai neraca awal saja, tanpa diselisihkan (sel warna kuning).
Pos-pos Aktiva & Pasiva (sel warna biru) selisihkan sebagaimana keterangan sebelumnya di atas.
Laba Bersih, diambilkan dari neraca akhir atau laba rugi akhir (sel warna kuning).
Jumlahkan nilai-nilai selisih tersebut, maka hasilnya adalah sama dengan Kas Neraca akhir.

Secara tidak langsung nilai-nilai tersebut sudah menggambarkan nilai-nilai laporan arus kas. Sehingga apabila kita pindahkan nilai-nilai tersebut ke dalam format laporan arus kas, maka bentuknya seperti berikut :

untitled

Keterangan :

Kenaikan (Turun) Kas = Arus Kas Operasi + Arus Kas Investasi + Arus Kas Pendanaan

Kas Akhir Periode = Kenaikan (Penurunan) Kas + Kas Awal Periode

Pos-pos Aktiva bernilai Negatif adalah Kenaikan, sedangkan Postif adalah Penurunan. Berbeda dengan Pos-pos Kewajiban adalah lawan atau sebaliknya dari Aktiva.

Untuk latihan, silahkan DOWNLOAD contoh laporan keuangan seperti di atas, lalu praktekkan sebagaimana uraian contoh di atas.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

Halaman lain tentang Laporan Keuangan

CHAT LANGSUNG

Yahoo Messenger
yahoo messenger

Produk Aplikasi Excel

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak

Anda pemilik atau pimpinan perusahaan, tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami siap membantu menyediakan laporan keuangan perusahaan Anda, laporan keuangan bulanan maupun tahunan berikut juga laporan pajaknya. [read more]

Jasa Pembuatan SIstem Akuntansi

Kami siap membantu membuatkan sistem pengelolaan data akuntansi, dari proses data hingga menjadi laporan keuangan. Memberikan training penggunaan sistem, dengan pendekatan praktek langsung kasus laporan keuangan klien dan berbagai penyelesaian masalahnya. Kami siap mendemokan secara langsung (via Teamviewer). [read more]

Jasa Audit Laporan Keuangan

Sebagai profesional berpengalaman di bidang audit, kami siap memberikan layanan AUDIT RESMI dari KANTOR AKUNTAN PUBLIK yang merupakan rekanan kami. Audit diperlukan untuk menilai apakah Laporan Keuangan yang disajikan wajar atau belum, sesuai dengan Standar Akuntansi yang berlaku umum, guna memberikan keyakinan bagi pihak yang memerlukan. [read more]